Tegas Transparan, Sat PJR Polda Jatim Posting Penindakan Berikut Nomor Registrasi Tilang

Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo saat memimpin apel seluruh jajaran Sat PJR Polda Jatim.
Bagikan :

Sat PJR Polda – Satu langkah terobosan Sat PJR Ditlantas Polda Jatim dalam melakukan penertiban, patut diacungi jempol. Selain bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, penindakan terhadap pelanggar peraturan lalu lintas gencar dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku pelanggaran itu sendiri.

“Penindakan ini juga ditujukan kepada pengendara lain, agar memahami bahwa Sat PJR Polda Jatim tidak main-main dalam menjalankan tugas,” ujar Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang Sukmo Wibowo, Kamis, (11/07).

Bripda Indah saat melaksanakan penertiban pelanggaran lalu lintas pada truk yang melanggar larangan parkir di Exit Rest Area Sidoarjo KM 754 A dengan Nomor Register Tilang E6620316.

Gencarnya penindakan yang dilakukan ini, diungkapkan Bambang, menyasar pada beberapa perilaku pelanggaran yang kerap dilakukan oleh pengendara yang melintas di Jalan Tol.

Beberapa perilaku pelanggaran yang kerap terjadi itu diantaranya, melanggar marka atau haluan yang kebanyakan pelanggar nekat melaju di lajur kanan secara terus menerus. Kerap terjadi pula pelanggaran melaju di bahu jalan.

Selain itu, perilaku pengendara yang membiarkan lampu utama depan maupun belakang dalam kondisi padam, dan enggan memperbaikinya terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

“Tentunya hal ini sangat membahayakan, baik bagi pengguna jalan itu sendiri maupun pengguna jalan yang lain,” ungkapnya.

Tak hanya itu, tata cara muat barang pada kendaraan umum pun tak lepas dari pantauan anggota Sat PJR Ditlantas Polda Jatim. Hal ini ditegaskan Bambang, bahwa cara-cara instan yang sebenarnya membahayakan, dan bahkan mengandung unsur pelanggaran kerap dilakukan oleh pengendara atau pemilik kendaraan dan barang muatan.

Seperti memuat barang yang melebihi dimensi dan kapasitas kendaraan misalnya. Tindakan ini adalah cara instan demi keuntungan lebih, namun mengabaikan risiko dan pelanggaran yang seharusnya dipahami betul oleh pemilik kendaraan maupun barang muatan.

Sementara itu, Bambang menuturkan, sebagai salah langkah untuk memberikan keterbukaan informasi kepada publik, khususnya pengguna jalan, pihaknya kerap memposting penindakan terhadap pelanggar peraturan berikut nomor registrasi Tilang di Instagram Sat PJR Ditlantas Polda Jatim.

“Tujuannya, selain sebagai wujud transparansi, juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pengguna jalan betapa pentingnya keselamatan. Sebab terjadinya kecelakaan kerap diawali oleh pelanggaran,” tukas Bambang.

Oleh sebab itu, kepada pengguna jalan, khususnya yang melintas di Jalan Tol, Bambang menghimbau agar benar-benar memperhatikan kondisi kendaraan, fisik pengemudi maupun penumpang sebelum melakukan perjalan.

“Periksa kelengkapan sebelum bepergian, patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada. Keselamatan dalam berkendara adalah tanggung jawab kita bersama,” himbaunya.(asb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*